Selasa, 01 Januari 2013

Apa itu Handphone

Assalamu'alaikum guys!, berhubungan saya pendatang baru pada blog ini jadi saya minta maap ya kalau masih banyak kekurangan disana-sini. Sesungguhnya manusia tak luput dari kesalahan. Adapun baiknya teman-teman dapat memberikan masukan dan kritik untuk saya agar dapat memperbaiki segala kekurangan di blog ini.
Oke kali ini saya akan membahas mengenai pemahaman dasar teknologi khususnya perangkat telepon genggam atau istilah asingnya handphone yang biasa disingkat HP atau yang dikenal dengan sebutan telepon selular (Ponsel) atau telepon genggam (Telgam), kalian semua pasti tahu kan dengan gadget yang satu ini. Bahkan sekarang anak TK maupun SD sudah pada mengenal dengan benda kecil yang canggih ini. Tapi kalian semua mungkin masih ada yang belum tahu kan apa sih sebenarnya ponsel itu, terus sejarahnya bagaimana dan apa-apa saja sih yang ada di dalam ponsel. Nah, berikut penjelasannya. selamat membaca ya. :)


Sejarah
Ponsel adalah sebuah teknologi perangkat elektronik dengan fungsi utama sebagai alat untuk memudahkan manusia berkomunikasi, ponsel merupakan salah satu bukti nyata kemajuan teknologi yang modern pada masa ini dimana dengan ponsel seseorang dapat berinteraksi dengan orang lain tanpa hambatan, meski dipisahkan oleh wilayah dengan jarak yang sangat jauh sekalipun, kita masih dapat berkomunikasi dengan baik. Sejarah terciptanya ponsel ini pun sangat panjang mulai dari yang kita kenal perangkat elektronik penerima pesan singkat yang disebut pager, radio hingga berkembang pesat dan jadilah perangkat elektronik mutakhir yang sekarang ini kita sebut ponsel.

Ponsel pertama kali diperkenalkan pada tanggal 03 April 1973 oleh Martin Cooper yang merupakan salah satu karyawan dari perusahaan produksi perangkat elektronik besar Motorola. Cooper lah yang mencetuskan ide untuk menciptakan sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah untuk dibawa bepergian secara fleksibel. Cooper tidak berperan sendiri dalam menciptakan mahakarya ini, beliau juga dibantu oleh tokoh lain yang diketahui sangat berjasa dalam dunia komunikasi selular yaitu Amos Joel Jr yang turut serta dengan membuat sistem penyambung (switching) jaringan Ponsel dari satu wilayah sel ke wilayah sel lainnya. Switching ini bekerja ketika pengguna ponsel bergerak atau berpindah dari satu sel ke sel lain sehingga pembicaraan tidak terputus. Berkat penemuan Amos inilah penggunaan ponsel jauh lebih baik.



Fungsi dan Fitur


Dilihat dari segi kepentingan, mungkin sebelumnya handphone merupakan kebutuhan sekunder namun seiring dengan meningkatnya kebutuhan interaksi & komunikasi, tanpa disadari handphone telah masuk
kedalam kebutuhan primer manusia. Didukung pula dengan harga yang sangat terjangkau pada masa sekarang.

Selain sebagai perangkat yang dapat mengirim dan menerima panggilan telepon, Ponsel pada umumnya juga dapat mengirim dan menerima layanan pesan singkat atau Short Message Service (SMS). Seiring dengan semakin majunya dunia teknologi digital, keadaan ini sangat dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar ternama dari negara maju di dunia untuk berlomba-lomba memproduksi ponsel dengan berbagai fitur canggih serta keunggulan khas yang disematkan kedalamnya. Yang sebelumnya hanya dapat melakukan komunikasi baik berupa suara maupun teks singkat namun sekarang ponsel dapat dijadikan sebagai media alat hiburan seperti mendengar dan menyaksikan audio video (MP3 player, radio, video, recorder) serta mengabadikan momen-momen penting menggunakan fitur kamera bahkan dapat menjelajahi dunia maya (internet) dan menampilkan hasil presentasi yang sebelumnya hanya dapat dilakukan oleh gadget teknologi lain seperti laptop/notebook.

Sebagai contoh perusahaan yang selalu eksis dalam memproduksi gadget ponsel dengan teknologi terbaru tersebut ialah Nokia, Samsung, Sony Ericsson dan Motorola.

Kategori Ponsel Berdasarkan Fungsi
Berikut kategori ponsel berdasarkan fungsi :
  →   Ponsel Bisnis, sesuai namanya ponsel jenis ini dikhususkan untuk pebisnis, ponsel yang telah memiliki kemampuan ini telah tergolong ponsel pintar (smartphone/) yang telah didukung dengan berbagai aplikasi bisnis sehingga sangat membantu anda dalam bekerja.
Samsung Galaxy Note I717BlackBerry Bold 9700

→   Ponsel Hiburan, ponsel jenis ini lebih mengunggulkan fitur multimedianya, dimana fitur-fitur hiburan yang berhubungan dengan musik, seni, foto dan sosial dan lainnya dapat anda peroleh hanya dalam sebuah ponsel saja. Adapun varian berdasarkan fiturnya yaitu ponsel musik, ponsel kamera dan ponsel internet sosial.

Sony Ericsson Xperia PLAYClose window



 →   Ponsel Fashion, jenis ponsel ini lebih mengutamakan segi penampilannya saja sehingga membuat pemilik ponsel tersebut sangat puas meskipun dari segi fitur yang terkesan 'seadanya' namun dibalik itu sebuah Ponsel Fashion dapat memiliki harga yang jauh lebih mahal bahkan melebihi ponsel canggih sekalipun. Bahkan ada yang lebih mahal dibanding sebuah mobil maupun rumah mewah.
Vertu Ascent Ti Damascus SteelVertu Signature S

 →    Ponsel Standar, sedangkan untuk ponsel jenis ini khusus bagi anda yang menginginkan ponsel simpel, fitur yang disematkan pun berupa fitur inti (mengirim dan menerima panggilan serta pesan teks), tanpa fitur lain seperti multimedia dan kamera.
Nokia 1202


Source: http://id.wikipedia.org/wiki/Telepon_genggam

http://www.gsmarena.com/

Semoga bahasan ini dapat menambah wawasan teman-teman semua tentang Sejarah Handphone. Terimakasih telah mampir di blog sederhana ini ya. :)














1 komentar: